Cara berpindah kerja yang baik

Iklan 300x250
Jika anda ingin berpindah kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lain, anda harus mempersiapkan strategi yang matang. Caranya adalah anda harus mempersiapkan dulu perusahaan baru yang ingin anda jadikan sebagai mata pencaharian tersebut. Misalnya, anda harus melamar dulu ke perusahaan baru tersebut, dan jika telah positif diterima maka anda boleh meninggalkan pekerjaan yang lama.

Teman saya pernah mengalami hal-hal yang kurang menguntungkan akibat berpindah kerja tanpa mempersiapkannya masak-masak. Ketika itu dia masih bekerja bersama saya di sebuah perusahaan. Lalu saya melihat adanya peluang kerja yang lebih bagus di tempat lain. Lantas teman saya langsung keluar dari perusahaan tempat kami bekerja tersebut. Kemudian dia melamar ke perusahaan baru yang lebih bagus menurut dia dan juga menurut saya.

Hasilnya, ternyata dia gagal dalam menjalani test dan tidak diterima. Mau kembali lagi ke perusahaan yang lama agar bisa berkumpul bersama saya lagi sudah tidak diterima. Akhirnya dia nganggur selama berbulan-bulan, hampir setahun.

Suatu saat saya mendengar ada job baru yang lebih bagus. Saya mengajak teman saya tersebut untuk melamar kerja bersama-sama. Namun saya tidak berani keluar dulu dari perusahaan tempat saya bekerja sebelum saya diterima di perusahaan baru.

Hasilnya, Alhamdulillah kami diterima. Setelah seminggu bekerja di perusahaan baru, saya mengundurkan diri dari perusahaan lama tempat saya bekerja. Sehingga saya tidak pernah nganggur ketika berpindah kerja dari perusahaan lama ke perusahaan baru.

Jika anda ingin berpindah kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lain, janganlah terburu-buru mengundurkan diri sebelum anda positif diterima di perusahaan baru yang anda lamar, walaupun sepertinya perusahaan baru tersebut sangat menjanjikan.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

6 komentar:

Anonymous said...

Kalau boleh tau, pada saat melamar pekerjaan di perusahaan lain tsb anda menyebutkan atau tidak bahwa anda masih bekerja di suatu perusahaan??

Unknown said...

Ya. Saya menyebutkan bahwa saya masih bekerja di perusahaan lama. Hal ini bertujuan utk membuktikan kpd perusahaan baru tsb bahwa kami adalah tenaga kerja profesional yang tdk pernah nganggur.

nea.mischa said...

mau tanya admin, ketika anda menyebutkan kalau masih bekerja di suatu perusahaan. apakah ada tanggapan dari perusahaan baru? kemudian saat wawancara, apakah alasan anda memutuskan untuk berpindah kerja?

Unknown said...

Ya ada tanggapan baik, krn perusahaan baru tersebut sedang butuh tenaga kerja ahli.

Ketika ditanya, apa alasan anda memutuskan untuk berpindah kerja ke perusahaan baru ini?

Jawaban saya, karena saya ingin mendapatkan gaji yang lebih bagus. Itu saja.

Jika perusahaan itu enak, maka mereka tdk akan keberatan. Tp jika perusahaan itu tdk enak, maka mereka akan keberatan utk memberi gaji yg layak, dan jgn diteruskan.

Vimelda said...

mau tanya,
lalu waktu anda bekerja di perusahaan baru selama satu minggu,
bagaimana cara anda meninggalkan perusahaan yg lama? apakah minta izin cuti? dan meminta cuti dgn alasan yg bagaimana?

Unknown said...

saya meminta cuti ke perusahaan lama dgn alasan ada keperluan keluarga, tapi saya sebenarnya kerja di perusahaan baru :D

setelah itu saya masuk ke perusahaan lama lagi menemui HRD utk mengundurkan diri dan meminta referensi kerja atau pengalaman kerja :)

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda