Sejarah Penemuan Excavator Pertama di Dunia

Iklan 300x250
Pengertian Excavator
Excavator adalah sebuah jenis alat berat yang terdiri dari mesin di atas roda khusus yang dilengkapi dengan lengan (arm) dan alat pengeruk (bucket) yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan berat berupa penggalian tanah yang tidak bisa dilakukan secara langsung oleh tangan manusia. Pengertian ini didasarkan dari asal-usul excavator yang diciptakan sebagai alat penggali tanah untuk membangun rel kereta api, serta dari kata “excavation” yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti “pengggalian” atau mesin penggali.

Foto Excavator Modern

Pengalihan bahasa
Dalam bahasa Indonesia excavator disebut sebagai ekskavator. Namun dalam proyek-proyek kontruksi dan pertambangan di Indonesia, excavator lebih sering disebut “Bego atau Beko”, walaupun sebenarnya excavator bukan berarti bego.  Istilah bego berasal dari bahasa Inggris dari kata “Backhoe”, yaitu excavator mini yang ditempelkan pada bagian belakang mesin traktor atau biasa disebut backhoe loader. Backhoe Loader merupakan gabungan antara excavator dan wheel loader.

Foto Backhoe Loader

Pengertian backhoe/bego/beko
Disebut backhoe (aktor belakang) karena excavator mini ini terletak pada bagian belakang mesin traktor. Misalnya pada backhoe loader, excavator mini ini ditempelkan pada bagian belakang tracktor loader atau wheel loader (pemuat beroda ban) dan memiliki peran sebagai alat kerja yang terletak di bagian belakang. Pada awalnya backhoe loader ini digunakan untuk peralatan di lahan pertanian di Amerika Serikat. Sedangkan excavator (ekskavator) merupakan unit tersendiri yang memiliki peran pokok sebagai alat utama untuk pekerjaan penggalian tanah.

Sejarah penciptaan awal
Excavator pertama kali diciptakan pada tahun 1835 oleh seorang pemuda berusia 22 tahun bernama William Smith Otis, yang merupakan seorang ahli mekanik asal Amerika Serikat. William Smith Otis adalah anak dari pasangan Isaac Otis dan Tryphena Hannah Smith yang lahir pada tanggal  20 september 1813 di Pelham, Massachussetts, USA. William memulai karyanya sejak berusia 20 tahun dimana pada waktu itu dia mulai menunjukkan kecerdasannya.

Sketsa gambar Excavator pertama

Eksperimen pertama
Pada tahun 1935 ketika bekerja di perusahaan “Carmichael and Fairbanks” yang bergerak di bidang pekerjaan sipil, William menggunakan excavator hasil ciptaannya untuk penggalian rel kereta api mulai dari Norwich ke Worcester.

Pada waktu itu excavator pertama tersebut hanya dilengkapi bucket (alat keruk) yang ditarik oleh rantai dan seling, serta digerakkan oleh mesin uap dan hanya bisa berputar sejauh 90 derajat. Namun sayangnya excavator tersebut rusak berantakan ketika mencapai putaran 90 derajat saat sedang melakukan penggalian.

Untuk menyempurnakan karya ini William Smith Otis pindah ke Philadelphia. Dia berusaha meyakinkan Joseph Harrison, seorang manajer operasional perusahaan “Garrett and Eastwick” untuk membangun model excavator pra-industri pada tahun 1836, dan usahanya berhasil.

Hak cipta pertama
Pada tanggal 15 maret 1836 William menerima hak patent atas penemuan excavator ini. Namun sayangnya kejadian insiden serupa terulang lagi. Pada tahun 1838 terjadi kesalahan pada spesifikasi teknik sehingga excavator terbakar dan hancur. Hak patent atas penemuan excavator yang telah diraih dengan susah payah oleh William Smith Otis berakhir pada tanggal 27 oktober 1838.

Pengukuhan hak cipta
Namun berikutnya pada tanggal 24 februari 1839, patent dengan nomor 1089 telah resmi memperoleh validitas. Excavator hasil karya William Smith Otis secara resmi diakui dengan sebutan “The Crane-dredge for excavation and earth removals” (Kren penggali dan pemindah tanah) dan secara resmi merupakan excavator yang pertama kali ada di muka bumi.

Foto Excavator pada tahun 1886

Spesifikasi pertama
Excavator pertama ini memiliki spesifikasi bucket (alat keruk) 1,15 meter kubik dengan kemampuan produktivitas menggali tanah sebanyak 64 meter kubik per jam. Excavator tertua di dunia ini hanya mampu berputar sejauh 90 derajat dan hanya bisa berjalan di atas rel kereta api yang dimotori oleh mesin uap. Serta hanya dilengkapi seling sebagai penarik alat kerja (bucket/ember).

Kepergian sang penemu
Pada tanggal 13 november 1839, William Smith Otis sang penemu excavator ini meninggal dunia pada usia ke 26 tahun. Pada tahun 1940 tercatat ada 7 unit excavator di dunia dan merupakan excavator pertama dalam sejarah yang diciptakan oleh William Smith Otis. Semua hak patent hasil karyanya beralih ke istrinya, Ellizabeth.

Karya besar William Smith Otis telah berkembang hingga saat ini dan telah dimanfaatkan untuk pembangunan bagi umat manusia di seluruh penjuru dunia.

Perkembangan teknologi modern
Seiring perkembangan jaman, kebutuhan peralatan berat untuk pembangunan kontruksi dan pertambangan semakin komplek, sehingga manusia merancang excavator menjadi semakin sempurna. Pada awalnya fungsi excavator hanyalah sebagai alat penggali tanah yang berjalan di atas rel kereta api dan hanya dimotori oleh mesin uap serta menggunakan sistem manual berupa seling dan rantai untuk menggerakkan bucket (alat kerja/alat keruk), dan hanya bisa berputar sejauh 90 derajat.

Namun kini excavator menggunakan sistem teknologi canggih dan memiliki multi fungsi sebagai alat berat serbaguna yang dilengkapi mesin modern dengan tenaga hidrolik, bisa berputar sejauh 360 derajat tanpa berhenti dan mampu bekerja di atas air.

Foto Amphibious Excavator

Kehebatan excavator
Excavator memiliki kehebatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan segala jenis alat berat yang ada di planet bumi. Excavator mampu menyelesaikan pekerjaan berat yang tidak bisa dilakukan oleh alat berat lain, bekerja di atas air, bekerja di atas bebatuan, serta tangguh bekerja di segala medan berat dengan cepat dan menjadi aktor utama dalam pekerjaan proyek raksasa seperti pertambangan. Selain itu excavator juga bisa digunakan sebagai alat pemecah batu yang dilengkapi dengan palu pemukul (breaker).

Excavator terbesar di dunia
Pada tahun 1978, Jerman menciptakan excavator terbesar di dunia yang dinamakan Bagger 288.  Monster raksasa ini berbobot 13.500 ton dengan panjang 240 meter serta tinggi 96 meter dan lebar 46 meter. Excavator gila ini digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan overburden dan extrations, misalnya menggali deposit mineral raksasa seperti batubara, menggali saluran pipa gas bawah tanah, pipa minyak, kabel komunikasi, penyulingan air dan pusat pipa pemanas.

Foto Excavator Bagger 288

Di Indonesia Bagger 288 hanya ada di PT. Freeport Indonesia Inc. yang terletak di provinsi Papua dan digunakan untuk menyelesaikan penambangan emas terbesar di planet bumi. Bagger 288 memiliki 10 bucket (alat keruk) dan masing-masing bucket berkapasitas 6,6 meter kubik. Excavator raksasa ini memiliki kemampuan menggali tanah sebanyak 240.000 meter kubik perhari dan cukup untuk mengisi semangkok lapangan sepakbola dengan tanah setinggi gedung berlantai 10 hanya dalam waktu sehari.

Pabrik Excavator di Indonesia
Saat ini ada tiga pabrik excavator di Indonesia dan sekaligus merupakan distributor terbesar untuk alat-alat berat di Indonesia.

* PT. Trakindo Utama memproduksi peralatan berat dengan merk Caterpillar.
* PT. United Tractors Tbk memproduksi peralatan berat dengan merk Komatsu.
* PT. Hexindo Adiperkasa Tbk memproduksi peralatan berat dengan merk Hitachi.

Bukan hanya excavator, ketiga pabrik raksasa alat berat ini juga memproduksi berbagai jenis dan ukuran peralatan berat yang mampu menyuplai kebutuhan alat-alat berat di pertambangan raksasa batubara dan emas di luar jawa dan juga menyuplai proyek-proyek kontruksi di seluruh Indonesia.

Berawal dari sebuah excavator kuno yang diciptakan oleh William Smith Otis pada tahun 1835, saat ini ada jutaan excavator dari berbagai model dan ukuran yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan digunakan untuk merobek bumi.

**********

Catatan kaki:
Artikel bertopik sejarah excavator ini sebelumnya pernah saya muat di website saya yang satunya yang saat ini sedang saya suspend, yaitu http://belajarsitus.com/ dengan judul asli "Sejarah dan perkembangan Excavator", dan sekarang saya muat lagi di blog ini dalam penyajian sedikit berbeda.
Sebagian tambahan informasi tentang sejarah excavator saya kutip dari sumber di situs luar negeri, yaitu http://www.openpit.info, lalu saya tulis dengan gaya bahasa saya sendiri karena saya adalah seorang operator excavator.
Sebagian artikel ini saya sumbangkan di wikipedia bahasa Indonesia dengan merujuk ke website saya yang satunya sebagai referensi yang kini sedang saya suspend, yaitu http://belajarsitus.com/sejarah-dan-perkembangan-excavator/.

Sumber pustaka;
- Pengetahuan pribadi (Experiences)
- Referal  : http://www.openpit.info
- Pictures : PanamaCanalHistoryMuseum
                  DamnCoolPictures
                  WikimediaCommons
                  CivilEngeneeringPortal 
                  DIYTrade
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Operator Alat Berat Paling Populer di Indonesia

Iklan 300x250
Operator alat berat adalah orang yang bertugas mengemudikan peralatan berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, motor grader, crane dan kendaraan-kendaraan raksasa di pertambangan. Pada saat ini operator alat-alat berat paling populer di Indonesia di dominasi oleh operator Haul Dumptruck (HD), yaitu kendaraan raksasa bak terbuka yang digunakan untuk memuat material tambang yang mampu beroperasi di medan berat. Haul Dumptruck terbesar di Indonesia adalah HD 793 dan hanya ada di PT. Freeport Indonesia Incorporated.

Gambar/Foto HD 793 Modified

Operator HD-785 saat ini menempati posisi sebagai operator dengan jumlah terbanyak di Indonesia untuk klasifikasi pertambangan.

Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan operasional PT. KPC (Kaltim Prima Coal) di Kalimantan saja paling tidak memerlukan 3.000 personil operator HD profesional untuk mengoperasikan lebih dari 1.000 unit HD-785. Dimana KPC sebagai perusahaan kontraktor yang menangani tambang batubara terbesar di dunia yang berlokasi di kabupaten Sangatta, Kalimantan Timur, Indonesia.

Belum lagi operator HD lainnya yang bertugas di PT.Freeport Indonesia, PT.Newmont Nusa Tenggara serta berbagai perusahaan lainnya yang beroperasi di tambang-tambang raksasa di Indonesia.

KPC didirikan di Indonesia pada tahun 1982 setelah memenangkan lelang tender yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1978 untuk eksplorasi dan pengembangan sumber daya batubara di area seluas 7.900 km persegi di dua blok yang memanjang 300 km di Kalimantar timur dan selatan.

Kemudian pada tahun 1988 perusahaan ini memutuskan untuk melanjutkan pengembangan tambang ekspor batubara berkualitas tinggi dengan kapasitas 7 juta ton pertahun [ref].

Kini KPC mendominasi peralatan berat di atas pulau Borneo dengan lebih dari 1.000 unit HD-785 beserta peralatan berat super jumbo lainnya dan merupakan penambang batubara terbesar di Indonesia setelah PT. Pama Persada Nusantara.

Kedua perusahaan raksasa penambang ini, terutama PT. Pama Persada Nusantara setiap tahun merekrut ribuan pelajar lulus sekolah untuk dijadikan operator HD-785 yang profesional dan handal di medan tugas.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Cara Belajar Mengoperasikan Excavator Dengan Cepat

Iklan 300x250
Bagi para helper atau sobat-sobat yang sedang belajar mengoperasikan excavator namun sudah lama tidak bisa-bisa, dan anda ingin cepat bisa, maka luangkan waktu untuk membaca tips berikut ini. Kebetulan saya sendiri operator excavator, namun saat menulis ini saya sedang nganggur alias dirumah saja (Drs). Saya baru dua bulan keluar dari perusahaan tempat saya bekerja. Oleh karena itu jika anda punya job atau info lowongan kerja untuk saya, tolong berikan info melalui kolom komentar dibawah ini. Dan saya sangat berterimakasih. Penyebab saya berhenti bekerja alias nganggur bisa anda baca disini;

Cara Menjadi Operator Alat Berat Profesional


Tips belajar mengemudikan, mengoperasikan, mengendalikan, dan menguasai excavator ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saja. Jadi jika anda lebih senior, anda harus gantian ngajarin saya, hehe. Pengalaman kerja, referensi kerja, cv, Curriculum vitae, Experiences, dll yang saya miliki adalah sebagai berikut;

Saya urut berdasarkan awal

1. Operator Bulldozer
2. Operator Excavator
3. Operator Wheel Loader
4. Operator Crane (Liebherr harbour mobile crane: LHM 400. LHM 500, LHM 550 - spesial kontener maupun grab), (Harbour mobile crane: HMC/HMK Gotwald 280 E), Harbour mobile crane Fantuzzi Reggiane 180, dan beberapa crane kecil seperti shore crane, dll.

Kenapa mau nulis tips cara cepat belajar excavator pakai pamer pengalaman kerja segala? Mohon maaf sebelumnya kepada tuan-tuan dan nyonya-nyonya, saya bukan pamer. Melainkan karena saya sekarang ini sedang nganggur. Jadi jika anda adalah seorang operator alat berat yang punya info buat saya, atau anda adalah seorang juragan/bos/direktur/pimpinan perusahaan pemilik alat berat yang sedang mencari seorang pekerja operator alat-alat berat seperti di atas, tolong saya dikabari agar saya bisa ikutan nglamar. Itulah sebabnya saya menulis beberapa pengalaman saya di atas agar sekalian saya melamar kerja ke anda. Dan saya sangat berterimakasih karena agar dapur saya tetap bisa berasap sampai nanti, gkgkgk...

(Hubungi saya di 081-288-498-xxx)
Numpang promosi diri, ckckck...

"Maaf nomor telephne sudah dihapus karena saya sudah dapat kerja. Terimakasih kepada para sahabat pembaca yang telah sudi memberikan informasi lowongan kerja kepada saya"

Namun saya terpaksa harus kembali kerja di luar negeri karena suatu alasan, anda bisa membacanya disini;

Bekerja di luar negeri solusi terbaik mencari modal

Kembali ke judul

Cara Belajar Menguasai Keterampilan/Skill Excavator

Pedoman Pemahaman

Mental dasar yang harus dimiliki oleh seorang operator alat berat adalah;

"Berani dan Percaya Diri"

Katakanlah dengan tegas bahwa "Aku Bisa". Jangan takut salah dan jangan minder jika anda ingin memperoleh mental juara. Mental juara akan mendobrak segala kebodohan dan kebuntuan. Tanpa mental juara segala prestasi akan menjadi terlambat.

Pada dasarnya operator excavator tidak ada yang mahir, kecuali mereka hanya mahir di beberapa bidang saja, yaitu pekerjaan yang paling sering mereka kerjakan. Misalnya, seorang operator yang lama sekali kerja di tambak (membuat tambak), maka dia akan mahir dalam pekerjaan membuat tambak atau sejenisnya.

Namun dia belum tentu mahir di bidang pekerjaan lain seperti di atas gunung terjal atau cadas, pekerjaan di dalam palka/kapal/tongkang, pekerjaan di atas air (di atas ponton), pekerjaan loading di tambang pasir, dsb. Bahkan mungkin dia bisa dikalahkan oleh seorang helper yang lebih terbiasa bekerja di loading/memuat pasir di tambang pasir. Karena pekerjaan loading yang menjadi target adalah kecepatan memuat, bukan pekerjaan kontruksi di atas lumpur seperti pekerjaan membuat tambak.

Oleh karena itu kemahiran seorang operator excavator pasti ada batasnya. Karenanya setiap operator excavator harus terus belajar dan belajar. Jika semakin banyak jenis pekerjaan yang bisa kita kuasai, maka kemahiran yang kita miliki akan semakin banyak. Tidak hanya itu-itu saja.

Tapi bagaimana kita bisa menambah skill/kemahiran jika kita selamanya bekerja di bidang itu-itu saja? Tentunya kemahiran kita juga tetap itu-itu saja. Itulah sebabnya kemahiran seorang operator excavator hanya terbatas pada kesempatan yang ada padanya. Biasanya operator excavator yang sering berpindah-pindah lokasi kerja maka akan semakin banyak jenis pekerjaan yang mereka kuasai.

Teknik Operasional

I. Teori Keselamatan Kerja

Pertama-tama yang harus selalu menancap di otak seorang operator alat berat adalah Safety atau Keselamatan Kerja. Pikirkanlah keselamatan kerja selama mengoperasikan alat berat. Keselamatan kerja terbagi oleh tiga faktor;

* Pertama adalah faktor manusia (80%).
Biasanya 80% dari insiden/accident terjadi karena kelalaian atau keteledoran sang operator karena mengabaikan keselamatan kerja. Hal ini tidak bisa dibantah berdasarkan survey internasional.

* Kedua adalah faktor alat (18%).
Beberapa penyebab lain dari insiden/accident adalah karena kerusakan pada alat berat. Ini hanya sebagian kecil atau 18% saja. Misalnya alat berat mengalami cacat pabrik, yaitu kesalahan yang terjadi pada saat pembuatan/perakitan alat berat.

* Ketiga adalah faktor alam (2%).
Terkadang ada insiden/accident di lapangan yang disebabkan oleh alam. Misalnya, gempa bumi, banjir, tanah longsor akibat hujan deras, dsb. Kemungkinan seperti ini sangat kecil sekali untuk terjadi di medan kerja. Hanya 2% saja.

II. Teori Keterampilan/Skill

Ada dua hal yang wajib dikuasai oleh semua operator excavator, yaitu mahir di alat dan mahir di medan.

* Mahir di alat adalah kita harus benar-benar mahir dalam menjalankan/menggerakkan excavator yang sedang kita operasikan. Kita harus bisa menggerakkan excavator seperti menggerakkan tubuh kita sendiri. Excavator memiliki tangan dan kaki. Kita harus bisa menggerakkan tangan excavator seperti tangan kita sendiri, dan menggerakkan roda/track excavator seperti kaki kita sendiri.

Tangan excavator adalah tangan kita dan kaki excavator adalah kaki kita. Jika kita tidak mahir dalam menguasai dua hal tersebut, berarti ibarat kita belum bisa menguasai tubuh kita sendiri dengan sempurna. Bagaimana kita bisa menyelesaikan pekerjaan berat jika tangan dan kaki kita sendiri tidak mau tunduk kepada perintah kita?

* Mahir di medan adalah kita harus bisa memahami pekerjaan yang akan kita kerjakan di lapangan. Misalnya, sebelum kita memulai kerja, kita harus tahu seperti bagaimana gambaran hasil dari pekerjaan kita nantinya. Kita harus tahu bagaimanakah bentuk pekerjaan yang dimaksud oleh pelaksana lapangan.

Jika kita telah paham tentang maksud dari pekerjaan yang akan kita kerjakan, maka kita harus bisa menentukan darimanakah kita memulainya agar pekerjaan tersebut bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Dalam hal ini tentunya kita harus mempunyai pedoman agar jangan sampai mengulangi lagi pekerjaan yang telah selesai atau dengan kata lain jangan sampai dua kali kerja. Sekali kita memulai dari satu titik maka kita harus berjalan ke titik berikutnya, dan jangan sampai kembali lagi ke titik awal.

**********

Tips di atas merupakan pedoman dasar bagi orang-orang yang ingin belajar menguasai excavator dengan cepat, dan hal ini pasti diperlukan dalam menyelesaikan jenis pekerjaan apapun.  Begitulah. Ini saja tips yang bisa saya sampaikan kepada para pembaca, semoga bermanfaat.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________