Cara Menjadi Operator Alat Berat Profesional

Kalimantan merupakan salah tujuan utama bagi para pencari kerja, terutama orang-orang yang memiliki skill di alat berat karena disana banyak proyek-proyek besar dibidang pertambangan. Mulai dari sopir, mekanik, operator alat berat, dan semua pemilik keahlian sejenisnya. Misalnya saya sendiri (jatim) yang sekarang sedang berprofesi sebagai pengangguran agak lama. Saya berpikir ingin bekerja di pulau Kalimantan saja daripada jauh-jauh kerja di luar negeri yang hanya bisa pulang setahun sekali, itupun kalau keadaan mengijinkan.

Saat ini saya ingin sedikit curhat kepada para pembaca :-). Saya dikeluarkan dari perusahaan tempat saya bekerja di luar negeri dengan alasan karena saya cuti terlalu lama. Gara-garanya, ketika saya waktunya balik ke luar negeri tapi orang tua melarang, akhirnya molor. Katanya, saya tidak boleh kerja terlalu jauh. Setelah dua bulan nganggur, ortu mengijinkan saya untuk balik lagi kesana. Kemudian saya mau mencoba mau berangkat ke luar negeri lagi, tapi ternyata ditolak oleh pakbos saya di luar negeri. ngacir deh...

Dua bulan nganggur rasanya sudah sumpek karena setiap hari hanya pengeluaran terus tanpa ada pemasukan. Mencoba kerja di internet agar bisa berkumpul keluarga tapi ternyata gagal terus alias belum nampak-nampak juga hasilnya (duitnya).

Akhirnya saya berpikir ingin kerja di Kalimantan saja menyusul abang. Kebetulan dia juga berprofesi seperti saya, yaitu sebagai operator bego/beko (excavator). Mudah-mudahan saya bisa kerasan disana agar bisa tenang hatiku. Tapi sudah sejak lima tahun terakhir saya tidak pernah mengoperasikan excavator, takut lupa lagi. Di luar negeri saya kerja bawa kren (crane operator). Tapi mudah-mudahan saya tidak lupa bawa excavator.

Saat menulis ini, saya sedang menunggu panggilan dari abang saya di Kalimantan yang katanya tidak lama lagi saya disuruh berangkat, ada job baru. Tapi mudah-mudahan jangan cepat-cepat dulu deh, karena saya tidak pernah bawa excavator yang dilengkapi breaker (pemecah batu). Tapi kalau terlalu lama nganggur juga kasihan anak istri dan ortu nantinya, takut dapurnya tidak berasap. Yaah... mudah-mudahan saya tidak lupa bawa bego, itu saja dulu doa saya. Yang lain menyusul.

Terimakasih para pembaca, mohon maaf kalau saya telah curhat tanpa ijin sebelumnya. Udah curhat masih nampang lagi.

Numpang nampang dotcom

Saran: 
Jika anda bekerja dimanapun, jangan lupa bikin foto sebanyak2nya untuk kenang2an kelak. Belilah kamera yang khusus digunakan mengabadikan perjalanan karir anda.

NB: Tips Menjadi Operator Alat Berat Profesional

Operator alat berat adalah orang yang memiliki keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang mengoperasikan alat-alat berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, mobile crane, dkk. Operator alat berat bertugas menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat dengan menggunakan peralatan berat yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu operator alat berat harus kuat dan tangguh agar bisa diandalkan. Untuk menjadi operator alat berat yang handal, seorang operator alat berat harus memiliki pedoman dasar, yaitu ketahanan fisik dan mental serta teknik operasional yang memadai.

Mental:

1. Harus berani dan percaya diri. Katakanlah dengan tegas kepada diri sendiri bahwa "Aku bisa". Tanpa rasa berani dan percaya diri, maka semua kecerdasan yang dimiliki akan terpendam atau hilang.

2. Harus terus belajar dan belajar untuk mengasah keahlian agar semakin sempurna. Tanpa keinginan untuk terus belajar, maka keahlian akan mentok sampai disitu saja.

3. Jangan merasa pandai. Jika merasa dirinya pandai, maka akan malu bertanya sehingga tidak bisa menyerap tambahan ilmu dari luar.

Fisik:

1. Gunakan pola makan yang sehat. Makan yang bergizi dan teratur serta tepat pada waktunya. Tanpa pola makan yang sehat tubuh akan lesu, kurang bergairah dan mudah sakit.

2. Hindari mengkonsumsi makanan/minuman maupun penggunaan segala bahan-bahan yang merugikan kesehatan. Tanpa menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan, maka tubuh kita tidak akan bisa diandalkan.

3. Istirahat yang cukup. Atur waktu sebaik mungkin dari semua aktivitas agar tidur/istirahat bisa sempurna. Tanpa istirahat yang sempurna maka tenaga tidak akan bisa maksimal.

Teknik Operasional:

1. Utamakan keselamatan kerja. Safety is the first. Dengan mengutamakan keselamatan selama bekerja, maka sukses akan menyusul. Jika mengabaikan keselamatan kerja, maka celaka hanya tinggal menunggu waktu.

2. Kerjasama team. Selesaikan tugas secara bersama-sama dalam sebuah team dan lakukan kerjasama team yang baik selama bekerja. Dengan kerjasama team yang baik maka akan menghasilkan nilai tambah. 1+1=3.

3. Fokus pada hasil dan kerja bukan formalitas. Kerjakan tugas dengan memikirkan hasilnya, jangan hanya berpemikiran bahwa yang penting telah melaksanakan perintah atasan tapi hasil tidak dipikirkan.

Jika anda bisa menerapkan tiga pedoman dasar di atas, maka anda adalah operator alat berat yang hebat. Bagaimana menurut anda? Silakan tulis di kolom komentar sekarang juga...
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

22 komentar:

ibnu kentung said...

mas saya ibnu dari solo.....mau tanya mas, kalau mau jadi operator itu belajarnya bagaimana dan dimana?soalnya saya awam banget tentang alat berat, tetapi benar benar tertarik ingin belajar menjadi operator alat berat, terus apakah fisik mempengaruhi....?dalam artian fisik saya super besar untuk ukuran orang normal...hehehehehe

sekian mas terima kasih sebelumnya atas infonya

mohon pencerahannya

Pusat Perpustakaan said...

salam kenal sobat ibnu. Di daerah jawa, untuk menjadi operator alat berat kita harus melamar kerja ke perusahaan2 yg memiliki alat berat. Kemudian disana kita menjadi pembantu operator atau helper. Selama menjadi helper kita akan memiliki kesempatan utk belajar mengoperasikan alat berat dibawah bimbingan operator yg kita ikuti.

Tentang ukuran tubuh tdk mnjadi masalah, yg penting kita punya minat utk belajar dan mau mendengar nasehat dari operator yg mengajari kita (guru kita).

Ilham Risalo said...

bgaimn klu dengan crane bos?

Pusat Perpustakaan said...

crane kurang lebih juga sama gan

hcmd79 said...

Mas saya mau ikutan nany juga neeh, kl mau operator alat berat di LN gmn caranya? Saya pengalaman bnyk di dozer, mgkn mas bisa bantu info agent atw lamar kemana mas? Makasih sebelumnya

Pusat Perpustakaan said...

halo masbro...
masbro hrs mengunjungi situs informasi lowongan kerja terbesar di dunia. kemudian disana masukkan email masbro dipojok kanan atas lalu klik Activate. nanti jika ada lowongan operator dozer pasti masbro akan dikirimi kabar via email.

itu hanya contoh jika masbro ingin kerja di Australia. jika masbro ingin cari kerja di negara lain silakan melakukan pencarian disitus tersebut dengan menuliskan job yg diinginkan serta negara tujuan di kolom pencarian di bagian atas.

ini situsnya; Buldozer Operator Jobs in Australia

eko purwanto said...

umur paling tua berapa kalau masih belajar

Pusat Perpustakaan said...

Tidak ada batasan umur dalam belajar. Namun jika melamar sebagai operator alat berat di perusahaan besar, biasanya umur maksimal adalah 35-40 tahun.

Nyoman W said...

thank mas seneng bisa mengenal cara mengoperasikan alat berat walaupun masih belum bisa mengoperasikan dan sy yakin bila ada kesempatan sy pasti bisa, gak ada yg gak mugkin didunia ini.. thanks a lot
Regards
Pakmang Bagus
Bali

Pusat Perpustakaan said...

Terima kasih kunjungannya Pakmang Bagus,,,
Semoga sobat segera menemukan kesempatan belajar alat berat agar bisa menyalurkan bakat yang terpendam.

Ciri2 orang berbakat adalah; orang tsb punya keyakinan bahwa dirinya pasti bisa dan mampu dalam belajar apapun. orang seperti ini biasanya memiliki "tangan pintar".

Dian Centrasafety said...

Training Operator Alat Berat [Excavator, Loader, Buldozer]
*Sertifikasi Depnakertrans RI*

TUJUAN
Program pelatihan ini dirancang untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan secara terpadu bagi operator dalam menangani dan mengoperasikan alat berat seperti bulldozer dan excavator dengan baik dan benar, agar terciptanya efektifitas, efisiensi, produktifitas dan keselamatan kerja lebih meningkat, seiring dengan implementasi Undang Undang N0.1 Thn. 1970 dan Permenaker No. Per.05/MEN/1985. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan skill pada tenaga kerja operator ALAT BERAT / Pesawat Angkat & Angkut sehingga dapat mencegah/mengurangi kecelakaan kerja.
Materi pelatihan yang disampaikan meliputi sebagai berikut :
1. Kebijakan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
2. Dasar-Dasar K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
3. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
4. Undang-UndangNomor : 1 Tahun 1970
5. PermennakerNomor : Per.05/Men/1985
6. PermennakertransNomor : Per. 09/Men/2010
7. Pengetahuan Dasar Alat Berat
8. Pengetahuan Tenaga Penggerak dan Hidrolik
9. Safety Device
10. Sebab-Sebab Kecelakaan Pada Alat Berat
11. Faktor yang Mempengaruhi Beban Kerja Aman
12. Pengoperasian Aman
13. Perawatan dan Pemeriksaan Alat Berat
14. Kunjungan Lapangan (Praktek)
15. Ujian Tulis

PESERTA:
1. Agar pelatihan dapat dilaksanakan lebih efektif dan target pelatihan terpenuhi secara maksimal, maka peserta diharapkan adalah operator alat alat berat dan personil yang terkait dalam penanganan dan pengoperasian bulldozer dan excavator, dll, pendidikan minimal Sekolah Lanjutan Teknik atau yang sederajat (SMK/SMA) serta berpengalaman minimal 1 tahun dibidangnya.
2. Membawa Foto Copy Kartu Identitas & Ijasah Terakhir
3. Membawa Pas Foto 4x6, 2x3 masing-masing 3 lembar (background merah)

WAKTU & TEMPAT
Tanggal :12 – 15 November 2013
17 - 20 Desember 2013
25 – 28 Maret 2014
1 – 3 Juli 2014
25 – 28 November 2014
Waktu : 08.00-16.00
Lokasi : Jl. Patangpuluhan No. 26 Yogyakarta
Biaya : Rp 7.000.000,-

Fasilitas :
• Module / Handout
• Training Kit
• Coffe Break & Lunch
• Sertifikat
• Souvenir

Best Regards,
Dian
Customer Relation Officer

CENTRASAFETY
Safety Training
Jl. Patangpuluhan 26 Yogyakarta
Email: ardiana.yuli@centrasavety.com
safetytraining@centrasafety.com
Website: www.centrasafety.com
Telp: 0274-6601087
Fax: 0274-375734
Mobile: 085200884622

fajar said...

hallo bang saya mau nanya universitas mana aja sih yang ada teknik alat beratnya yang terdapat di pulau jawa maklum saya baru lulus sma

fajar said...

hallo mas saya mau nanya nich di universitas mana aja sih tempat yang menyediakan teknik alat beratnya maklum saya baru lulus sma terimakasih,,,,,

Pusat Perpustakaan said...

Hallo juga sobat Fajar... Di Indonesia dan di luar negeri, universitas yg mengajarkan alat berat tdk ada.
Training alat berat hanya dilakukan oleh perusahaan2 besar pemilik alat berat, salah satunya Pama Persada Nusantara.

Anonymous said...

Universitas yang ada jurusan Teknik Alat berat adalah Universitas Muhammadiyah Jakarta Kampus Cempaka Putih, buka program D3 Teknik Alat Berat, tetapi lebih spesifik untuk Mekanik Alat berat, untuk yg Operator Alat berat setahu kami belum ada di Indonesia, adanya adalah Training Center Beberapa Perusahaan Tambang yg mempunyai alat berat.

Anonymous said...

Universitas Muhammadiyah Jakarta Kampus Cempaka Putih buka porgram D3 Teknik Alat Berat, tetapi lebih fokus pada Mekanik Alat berat, kalo untuk Operator belum ada program yg buka di universitas, masih sebatas Pelatihan di Training Center Perusahaan Tambang di Indonesia

Anonymous said...

bang apa tdk ada lowongan
kerja op excavator?
Tp saya biasa pegang mini digger
komatsu pc75. Terimakasih

Pusat Perpustakaan said...

Di perusahaan tempat saya bekerja tdk ada lowongan excavator karena tdk punya excavator :)

Anonymous said...

Bang ada lowongan oprtor alat berat gak? khususnya dlm bidang pengeboran/drilling
saat ini saya masih berada di malaysia profesi sbg driller, tp saya mau balik kampung kira" ada lowongan gak yah.. Tolong kabarin saya bang klo ada lowongan. Terima kasih..
oh ya saya biasa bawa
Tamrock, Junjin800E,& Junjin1300E

Anonymous said...

Pak ada gak lowongan kerja alat berat ....aku biasa pake escavator dan loader

Anonymous said...

ass. perusahaan kami membutuhkan mekanik alat berat dan dump truk untuk penempatan kerja di kalimantan, kalau ada yang berminat silahkan hub. di 085331491666 bapak iwan. thanks

Unknown said...

untuk tambahan referensi yang mau belajar mekanik alat berat bisa ke blandong.com

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda