Menyingkap peranan si kancil dalam dongeng

Semua orang pasti pernah mendengar dongeng tentang si kancil. Sebuah dongeng legendaris nusantara yang sudah ada sejak ratusan tahun yang silam sebagai pengantar tidur anak-anak. Kancil dalam dongeng digambarkan sebagai hewan yang cerdik dan pintar, berkaki empat seperti kijang, bermata besar dan suka menipu binatang lainnya.

Bahkan harimau, buaya, kerbau, kera, dan semua warga hutan pernah tertipu oleh si kancil. Bukan hanya binatang saja, bahkan pak tani juga bisa terkecoh oleh kecerdikan si kancil. Namun ada satu binatang yang bisa mengalahkan tipu daya kancil, yaitu siput. Hewan air kecil ini bisa menipu kancil ketika mereka berlomba lari marathon di sepanjang sungai.

Dalam kehidupan nyata, kancil adalah hewan mamalia pemakan rumput yang biasa disebut pelanduk. Kancil tidak secerdik seperti cerita dalam dongeng. Mereka sama sekali tidak memiliki kepandaian apapun. Hewan ini bisa dijumpai di hutan-hutan pulau jawa dan sumatera, namun kancil termasuk binatang langka dan hampir punah. Kancil termasuk hewan-hewan yang dilindungi.

Karena memiliki nama besar di negeri dongeng, maka kancil sangat dikenal namanya dan semua orang tahu bahwa kancil itu ada meskipun mereka belum pernah melihat hewan kancil yang sesungguhnya.
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda