Indonesia bisa makmur seperti negara-negara maju

Iklan 300x250
Jika anda pernah berada di luar negeri, atau anda sering membaca kemajuan-kemajuan di luar negeri, tentunya anda pernah membayangkan kapan ya Indonesia bisa maju seperti itu. Pertanyaan dalam hati seperti ini pasti pernah dirasakan oleh para pahlawan devisa (pekerja TKI) yang pernah tinggal di luar negeri dimana mereka bekerja.

Apakah Indonesia bisa maju seperti itu? Kenapa tidak. Sebelum merdeka Indonesia tidak maju seperti sekarang ini. Dan 50 tahun ke depan jelas akan lebih maju lagi. Setiap tahun pasti ada kemajuan. Hanya saja kita tidak tahu apakah kita masih bisa ikut menikmati kemajuan sesuai harapan kita tersebut.

Indonesia pasti akan menjadi negara maju, namun cepat atau lambat tergantung dari bangsa Indonesia sendiri. Terutama adalah peran dari seluruh rakyat, bukan hanya dari pemerintah. Rakyat adalah penentu kualitas bangsa.

Misalnya negara jepang, korea, amerika, eropa dan sebagainya. Mereka adalah negara-negara yang secara nyata berada di depan kita, bahkan jauh di depan kita. Mereka maju karena mereka memiliki masyarakat yang berbudaya disiplin. Mereka taat pada aturan yang berlaku di negaranya sehingga tidak pernah terjadi konflik sesama bangsa sendiri yang hanya berakibat merongrong kemajuan bangsa.

Negara yang sering terjadi keributan di dalam negeri hanyalah nehara-negara yang belum maju atau masih berkembang. Negara maju tidak pernah ada keributan.

Jika semua rakyat Indonesia berkonsentrasi bekerja untuk mengentaskan kemiskinan bagi dirinya sendiri dan tidak mencari-cari kesalahan orang lain, maka Indonesia secepatnya menjadi negara maju. Karena semua warga akan terbebas dari kemiskinan secara bertahap oleh usahanya sendiri, tidak mengharap pemberian dari negara atau orang lain.

Jika semua warga bisa mengurusi dirinya sendiri dan tidak suka menciptakan keributan, itu adalah tanda-tanda Indonesia akan menjadi negara maju. Namun jika di Indonesia masih sering terjadi keributan, berarti masih jauh dari maju. Dan janganlah berharap menjadi negara maju. Sedangkan bagi sebagian warga terlantar seperti orang-orang cacat, yatim piatu dan sebagainya nantinya akan bisa ditanggung sepenuhnya oleh negara.

Jika kita ingin Indonesia menjadi negara maju, marilah kita berjuang mengentaskan kemiskinan bagi diri kita sendiri. Ini merupakan bagian dari memajukan bangsa dan negara Indonesia.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda