Hewan Bekicot bisa menyembuhkan luka

Iklan 300x250
Pada zaman dulu orang menyembuhkan luka hanya dengan hewan bekicot (sejenis siput darat). Hewan ini biasanya suka nempel di pohon pisang atau di tempat-tempat yang dingin dan sejuk. Mereka bisa bertelor dengan jumlah ratusan butir dalam sekali bertelor. Luka iris atau luka terjatuh yang mengeluarkan darah bisa sembuh oleh hewan ini.

Caranya, ambillah seekor bekicot yang masih hidup, lalu pecahkan ujung cangkangnya atau bagian belakang/ekor. Kemudian oleskanlah lendir yang keluar dari bekicot ke luka. Maka luka yang berdarah akan sembuh dalam waktu singkat.

Ini adalah cara alami masyarakat jawa tempo dulu dan bahkan hingga sekarang dalam menyembukkan luka, khususnya masyarakat pedesaan.

Saat ini bekicot banyak dikonsumsi masyarakat. Misalnya kripik bekicot, sate bekicot (sate 02), dan sebagainya. Menurut sejarahnya bekicot berasal dari Suriname, Afrika selatan. Mereka terbawa ke Indonesia bersama tanaman ketika pada masa tanam paksa (cuultur stelsel) di zaman penjajahan Belanda.

Kini binatang ini dibududaya oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai makanan karena diketahui kaya akan protein. Bekicot liar biasanya keluar dari sarang jika selesai hujan. Mereka melata di jalan-jalan dan semak-semak belukar.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda