Pasar Peteng Desa Sukowilangun Memang Peteng

Iklan 300x250
Pasar Peteng adalah sebuah pasar tradisional masyarakat desa Sukowilangun, kecamatan Kalipare, kabupaten Malang, yang terletak sekitar 3 km di selatan bendungan sutami karangkates. Pasar ini merupakan pusat perekonomian warga desa Sukowilangun yang berdiri sejak era tahun 2000-an.

Mengapa dinamakan Pasar Peteng?
Karena pasar ini berada di kawasan Peteng atau juga disebut Toplasan (bahasa belanda artinya perempatan). Sedangkan "peteng" adalah bahasa jawa yang artinya gelap.

Dikisahkan ketika pada jaman penjajahan belanda, pasar ini terlihat peteng atau gelap ketika belanda melihatnya dengan menggunakan teropong atau keker ketika hendak mencoba masuk wilayah ini.

Karena gelap, maka belanda tidak jadi masuk sebab mereka mengira tidak ada pemukiman warga di daerah ini.


Pasar Peteng memiliki perkembangan yang relatif lambat karena warga desa Sukowilangun sendiri banyak yang memilih berbelanja di Pasar Sumberpucung di kecamatan Sumberpucung (9 km di utara) dan Pasar Panggganglele di desa Arjowilangun (2 km di sebelah barat).


Namun sejak pasar ini didirikan, para pedagang disini memiliki komitmen yang kuat untuk tetap bertahan berjualan disini, sehingga pasar ini menjadi semakin ramai meskipun perkembangannya terbilang alot.


Sebenarnya Pasar Peteng memiliki tempat yang paling strategis daripada pasar-pasar lainnya di kawasan ini karena letaknya berada di perempatan antar 3 desa, yaitu Sukowilangun, Arjowilangun dan Kalipare. Tapi karena kalah bersaing dengan pasar lainnya, maka Pasar Peteng berkembang dengan alot. 

Mungkin suatu saat nanti Pasar Peteng bisa mencaplok pasar-pasar lainnya di kawasan ini karena Pasar Peteng memiliki tempat yang sangat strategis.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda