Tips Membeli Dumptruck Dan Cara Mengoperasikannya

Iklan 300x250
Bagi para sahabat pekerja, karyawan, buruh, dan sejenisnya.... mungkin pernah terlintas dibenak kalian bahwa suatu saat nanti anda ingin mendirikan atau menciptakan suatu usaha sendiri untuk bekal mencari nafkah dihari tua agar selamanya tidak menjadi kaum buruh. Dengan kata lain, kita tidak punya banyak modal tapi ingin menjadi pengusaha. Mana bisa? Bisa saja jika kita berani mencobanya, dan kapan lagi kalau tidak sekarang atau secepatnya.

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang cara mendirikan usaha sendiri dengan membeli sebuah dumptruck untuk dioperasikan sendiri atau disopiri sendiri, berawal dari membeli sebuah atau satu unit dumptruck bekas yang nantinya diharapkan bisa menjadi bertambah banyak jumlahnya. Pengalaman ini terjadi ketika saya gagal pada saat ingin bekerja di Kalimantan sebagai operator excavator atau sebagai kaum buruh.

Anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya disini, Cara belajar mengoperasikan Excavator dengan cepat. Saya awalnya bertujuan ingin menjadi seorang karyawan atau buruh (operator excavator, buldozer, wheel loader dkk), namun saya gagal menjadi buruh dan malah mengarah menjadi seorang pengusaha (namun mencoba dan masih belajar) dengan sedikit modal yang benar-benar pas-pasan. Biasanya ide-ide hebat akan timbul setelah kita mengalami kepepet.

Sebelumnya saya melamar kerja kemana-mana tidak berhasil dan akhirnya nekat membeli sebuah dumptruck dengan cara ngutang atau kredit. Tidak punya uang tapi ingin punya dumptruck, caranya ya ngutang aja. Akan tetapi karena saya sendiri kurang mahir dalam mengemudikan dumptruck, akhirnya tanpa sengaja saya sekarang memiliki seorang karyawan sopir dumptruck, dan saya sendiri sekarang menjadi pengangguran yang sedang mencari kerja lagi sebagai karyawan sambil memonitor dumptruck hasil ngutang saya :-) . Jika sukses nantinya saya ingin ngutang lagi, gkgkgk.... InsyaAllah.

Namun perlu diingat bahwa kita tidak boleh gegabah, karena setiap kita memulai usaha apapun diperlukan perjuangan serta kerja keras ketika masih dalam tahap merintis maupun jika bisnis kita sudah berjalan nantinya.

Beberapa hal tentang dumptruck ini saya ketahui setelah saya hampir saja terjebak hutang, dimana dumptruck yang saya beli adalah eks/bekas proyek yang pernah digunakan untuk pekerjaan berat dengan kondisi banyak kerusakan pada bagian dalamnya tetapi pada bagian luarnya terlihat bagus, dan saya membelinya dengan cara kredit dengan angsuran yang cukup berat untuk setiap bulannya. Maklum saya tidak paham tentang cara membeli dumptruck, jadi hanya bermodal nekat aja karena kepepet. Untungnya saya menemukan solusi dan mengambil tindakan cepat yang akhirnya selamat dari hutang berbunga yang menghadang di depan.

Langsung saja kita bahas
Ada dua point pokok yang harus kita pikirkan jika ingin membeli dumptruck, yaitu operasional dan kondisi unit

1. Operasional


* Sebelum kita membeli dumptruck, kita harus sudah merencanakan bahwa untuk apa dan dimana dumptruck tersebut nantinya akan kita operasikan, dan operasi tersebut tidak boleh berhenti sampai masa lunas tiba (jika kita membelinya secara kredit). Jadi kita harus mencari order sendiri yang permanen sebelum membeli unit secara kredit. Jangan hanya percaya dengan cerita orang atau teman jika mereka mengatakan bahwa ada order yang bagus lantas anda membeli dumptruck dengan cara kredit, namun setelah kita terjuni ternyata order tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang kita harapkan. Akhirnya kita terbelit hutang dengan bank.

* Kita harus punya penghasilan lain atau usaha lain yang sudah berjalan agar kita bisa membayar angsuran bank jika suatu saat nanti dumptruck kita menemui masalah. Misalnya, kerusakan unit yang bisa datang sewaktu-waktu maupun situasi dan kondisi perekonomian maupun cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu yang mengakibatkan dumptruck kita tidak bisa beroperasi karena berbagai alasan sehingga dumptruck tidak bisa mendapatkan penghasilan untuk membayar angsuran bulan depan.

Solusinya:

Kita harus menemukan perusahaan kuat yang mau menyewa atau memanfaatkan jasa dumptruck kita dalam jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi jika kita membuat kontrak kerja dengan perusahaan atau custumer kita tersebut. Salah satu contoh, perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang menggunakan jasa angkutan dari dumptruck kita dengan sistem DO (delivery order) seperti tambang batu yang melayani pabrik dan sejenisnya. Contoh lain, kita harus menemukan perusahaan yang menggunakan jasa dumptruck secara permanen seperti pabrik yang memiliki penggilingan batu yang setiap harinya memerlukan jasa angkutan dumptruck. Kita bisa setiap hari mengangkut batu untuk dikirim ke pabrik tersebut. Dan sebagainya.

Jika order kita tidak permanen seperti diatas, sebaiknya jangan membeli dumptruck secara kredit agar kita tidak terjerumus ke dalam masalah (hutang) dikemudian hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan dumptruck kita akan disita oleh pihak bank jika kita tidak mampu membayar angsuran dalam jangka waktu tertentu. Ini berarti uang muka (DP) kita akan hilang ditelan bumi :-)

2. Kondisi Unit


* Kondisi unit dumptruck yang kita beli harus sehat agar tidak sering rusak. Pilihlah dumptruck yang sedang berjalan, artinya dumptruck yang sedang beroperasi namun dijual oleh pemiliknya. Dumptruck yang sedang beroperasi memiliki tingkat kerusakan yang minim daripada dumptruck yang lama nongkrong di garasi.

Tetapi jika anda ingin membeli dumptruck yang masih baru (bukan bekas) secara kredit, anda tidak perlu khawatir karena tidak sering terjadi kerusakan, namun anda harus memiliki penghasilan yang kuat karena biaya angsuran perbulan tentunya juga tinggi.

* Utamakan bagian kaki unit. Jika anda membeli dumptruck bekas, maka utamakan bagian perangkat kaki, yaitu bagian chasis beserta perangkatnya seperti gardan, roda dll. Dumptruck ibarat gerobak yang digunakan untuk mengangkut barang-barang berat, jadi gerobak tersebut harus benar-benar kuat. Sedangkan bagian mesin hanyalah alat untuk menarik gerobak tersebut. Maka dari itu mesin adalah bagian nomor dua dalam memilih dumptruck yang bagus. Namun mesin juga sangatlah penting. Jadi pilihlah mesin yang sehat agar mampu menarik gerobak bermuatan berat sehingga mesin juga tidak sering mengalami kerusakan.

Gerobak dan mesin adalah dua bagian yang saling berhubungan dan saling bekerjasama. Jika anda tidak memahami tentang cara memilih dumptruck yang bagus, sebaiknya anda harus mengajak seorang ahli yang memahami dumptruck untuk anda ajak berkonsultasi tentang cara memilih dumptruck yang bagus. Orang tersebut biasanya juga bisa memperkirakan biaya yang harus anda keluarkan untuk memperbaiki dumptruck nantinya jika anda hendak membeli dumptruck bekas.

Tambahan

Dumptruck adalah sebuah kendaraan pengangkut barang material yang bisa membongkar muatannya sendiri dengan menggunakan tenaga hidrolis. Jadi dumptruck memiliki keunggulan berupa efisiensi biaya dan waktu dalam bekerja jika dibandingkan dengan kendaraan pengangkut barang lainnya yang tidak memiliki perangkat hidrolis yang digunakan untuk membongkar muatannya sendiri. Dumtruck 50% lebih hemat waktu daripada kendaraan pengangkut barang selain dumptruck. Selain itu dumptruck juga lebih hemat biaya karena tidak menggunakan jasa tenaga manusia untuk membongkar muatannya sendiri.

Sebenarnya masih banyak lagi tips tentang dumptruck, oleh karena itu jika anda adalah seseorang yang lebih memahami tentang dumptruck sebaiknya anda tambahkan pendapat anda melalui komentar dibawah ini agar bisa memberikan manfaat bagi para pembaca lainnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

26 komentar:

Anonymous said...

Terima kasih. Ulasannya sangat informatif dan menambah wawasan. Saya sedang mempertimbangkan untuk terjun ke bidang usaha ini.

Unknown said...

Terima kasih juga kunjungannya. Saya doakan semoga sukses untuk bisnisnya dimasa mendatang, dan salam sahabat.

Unknown said...

sangat bagus sekali, kebetulan saya ingin usaha di bidang truk yang ingin saya tanyakan bagaimana agar dapat mendapat kontrak dengan perusahaan yang membutuhkan truk, soalnya saya masih awam sekali trimakasih jawaban nya

Unknown said...

Halo sobat Om Dhe
salah satu adalah dengan mendatangi pabrik yang sedang dibangun, lalu kita mencari pimpinan proyek (bos) disitu dan menawarkan diri untuk ikut bekerja mengangkut barang material disitu.

nanti setelah pabrik itu selesai pembangunannya, biasanya kita akan diajak bekerja di proyek berikutnya asalkan kita jujur.

nanti lama2 banyak sekali yg nawari muatan, akhirnya kita akan menghadapi kerja keras yg sesungguhnya.

Unknown said...

Kalo kontrak kerja dengan perusahaan besar caranya adalah dengan mendatangi proyek tambang besar yg menggunakan sistem DO (Delivery Order). Disana kita menemui manager DO, lalu kita minta bergabung dengan DO mereka. Maka kita akan mendapat jatah muatan pasti setiap hari.

Biasanya kita akan diberi tugas menghabiskan jatah DO 14-21 rit atau 14-21 muatan dalam setiap minggunya (7hari). Kerja keras akan terasa.

Unknown said...

trimakasih info nya sangat bermanfaat

kalau saya lihat para pemilik proyek lebih banyak mencari yang 10 ban dan jarang saya lihat mereka mencari 6 ban , semisal saya membeli yang 6ban apakah mereka tetap mau memakai? mengingat modal saya kecil (ini saja masih menabung untuk DP) saya lihat iklan2 para pemilik proyek rata2 mereka mencari langsung 20 truk 10 ban, jika saya menawarkan hanya 1 truk 6ban apakah mereka mau membuat kontrak?

kalau perkembangan dump truk bapak bagai mana sekarang?
apakah sudah beranak? hehe trimakasih

Unknown said...

cari aja proyek yg menggunakan khusus dumptruck 6 ban.
dumptruck saya skrg beroperasi di tambang batu limstone di kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dan blm beranak krn kriditannya blm lunas ^^

Unknown said...

membaca obrolan diatas,saya jd tertarik.di rembang,harga per m3 nyampe brapa rupiah? mengingat saya juga di jawa tengah

Unknown said...

saya tertarik dengan usaha dumptruck ini,hasil per harinya apakah bisa menutup angsuran per bulannya apabila saya mengambil unit baru? bagaimana perhitungan keuntungan setelah operasional? trus di rembang,bagaimana pendapatan atau hasil dari limstone?

Unknown said...

maaf terlambat balas bang hanindityo puguh daryoko

kerja di limstone rembang, pokoknya sehari dapat untung bersih 200 ribu. jika ambil unit baru, hasilnya bisa nutup angsuran dan bayar sopir tiap bulan, namun pas-pasan. jadi biaya utk ganti ban setiap 6 bulan sekali kita tanggung sendiri.
selama ini saya tidak dapat keuntungan apa2, namun setelah lunas dumptruck itu menjadi milik kita. itu saja harapannya :)

Bapak Ali / Fri Endang said...

Kebetulan saya adalah pengelola tambang batu di banyuwangi yang juga menyuplai pabrik hotmix di banyuwangi juga. bagi yang ingin bekerjasama soal angkutan silahkan hubungi saya Ali Mansur 081332019074.

Bapak Ali / Fri Endang said...

Numpang Iklan

ALAT PELACAK DUMP TRUK UNTUK KETAHUI JUMLAH RIT LEWAT KOMPUTER
• Alat ini adalah alat elektronik yang dipasang secara tersembunyi di dalam truk untuk mengetahui kemana saja truk pergi dan berapa rit dalam sehari yang didapat oleh Sopir melalui komputer di rumah anda.
• Alat ini otomatis merekam perjalanan truk selama 1 bulan. Jadi anda bisa cek lewat kompter anda berapa rit untuk hari ini, atau kemarin, atau beberapa hari yang lalu hingga 1 bulan.
• Kebanyakan Dump Truk, khususnya untuk angkutan material bangunan, gaji Sopir ditentukan berdasarkan Ritase. Dengan alat ini, anda bisa mengetahui secara diam-diam melalui komputer di rumah anda mengenai berapa rit dalam sehari yang diperoleh oleh sang sopir, sehingga anda bisa mengetahui mana sopir yang jjur, dana mana sopir yang tidak jujur terhadap anda.
• Alat ini menggunakan kartu GSM dan menggunakan pulsa internet, tetapi dengan biaya yang murah (Jika memakai Kartu Tri 40rb per tahun, jika memakai Kartu Telkomsel 10 rb per bulan).
• Cara pasangnya sangat mudah : tinggal colokin kabel merah di Arus Positif (jalur Aki) dan Kabel Hitam di Arus Negatif saja sudah beres dan bisa dilacak. Jadi anda bisa memasangnya sendiri, simpel, praktis dan langsung jalan gak pake ribet.
• Seandainya dibawa ke bengkel untuk pemasangannya, Ongkos pasang ke bengkel juga pasti murah, karena hanya colokin kabel ke aki atau jalurnya saja, semua bengkel pasti bisa.
• Garansi alat ini 1 tahun.
• PEMESANAN HUBUNGI : BAPAK ALI 085258279901 (telp,sms, whatsapp)
Alamat : Perum Kebalenan Baru I Blok K-20 (Tanah kavling Belakang) Banyuwangi
• Harga : Rp. 650.000 (Belum termasuk Kartu GSM, Pulsa, dan Ongkos Kirim)
• Belum termasuk ongkos pasang untuk yang daerah Banyuwangi.
SIAP KIRM KE SELURUH INDONESIA DENGAN BIAYA YANG SANGAT MURAH ( PALING JAUH KE MERAUKE CUMA 15rb aja, jika lebih dekat pasti lebih murah)

TRANSAKSI DENGAN KAMI DIJAMIN AMAN 100%, TIDAK MENIPU, BISA TRANSAKSI LANGSUNG, TRANSFER ATAU LEWAT REKENING BERSAMA.
JIKA ANDA BELUM MENGETAHUI APAKAH ITU REKENING BERSAMA, SILAHKAN BACA DI GOOGLE, INTINYA REKENING BERSAMA ADALAH SOLUSI AMAN UNTUK MENGHINDARI PENIPUAN DI INTERNET.

http://indra_rafli.blogspot.com said...

maaf ...saya sdh 4 tahunterjun di bisnis ini..saya cuma punya tips. jika anda baru mulai usaha ini sebaiknya beli mobil baru...jangan mobil bekas., jika anda membeli secara kredit sebaiknya anda punya penghasin di luar penghasiln rent truck..intinya jangan makan di usaha rent truck. jadikan rent truck sebagai infestasi..jika anda makan / berharap untung di rent truck dengan kredit... saya pastikan anda akan hancur.....sebenarnya banyak tips.. tpi saya sher yg intinya aja

Motomotiv3 said...

Selamat malam, salam kenal semuanya... saya baru ingin memulai usaha dum truk 10 ban, saat ini saya hanya ada 2 truk tahun 2011 , saya mohon di share bagaimana caranya agar mesin (as roda,gardan,dll) tidak di tukar2 oleh sopir / oknum yg tidak bertanggung jawab... apakah ada tips khusus untuk pengamanan mesin kendaraan? Dan bagaimana perhitungan upah sopir? Mohon dibantu pak pengalamannya, terima kasih

Unknown said...

berapa harga dump truck bekas ya,,??
seandainya punya modal 120 jt apa bisa beli dump truck yg lumayan bagus,,??trimakasih,,

Unknown said...

120 juta bisa dapat ragasa tahun 2005 seperti gambar dumptruck kuning di atas, lumayan bagus...

Unknown said...

Aku ada dump untuk over credit 10ban thun 2003..
Untuk info lbih lanjut hub : 081210454009

Unknown said...

saya ada 4 unit dum 125 hd proyek ga klo ad kabarin

Unknown said...

Elf 2011 ada saya

Unknown said...

Terimakasih dan salam kenal saya orang Tulungagung
informasinya kawan2 disini sangat membantu saya buat tambahan referensi karena saya berencana ingin memulai bisnis ini.

Unknown said...

Salam kenal dan terimakasih infonya gan...
Sy kepikiran pengen beli dump truck bekas tp masih bingung pilih yg gimana antara mitsubishi,dyna atau dutro....mohon pencerahannya gan...tq

Unknown said...

Saya ingin mengawali.bisnis truck dam saya supir supir sendiri.. Ukuran BAN 6 kira.kira perharinya penghasilannya #LOKASI PATI.JAWA TENGAH. MOHON.GAMBARAN

Unknown said...

Bang saya mau bisnis truck dam misalkan saya beli truck dam ukuran ban 6 saya.supir.sendiri penghasilan.perhari berapa ya.kira.kira.. Mohon kasih gambaran #LOKASI PATI DAN SEKITARNYA

Unknown said...

Daerah PATI berapa ya terima pendapatan bersih apabila sopir nya due supir.sendiri

khairul nisa said...

Kalo saya mau beli duptruk roda 6,, adakah dari anda yg akan menyewanya?
Terima kasih

Unknown said...

Lampung kok gk ada..pengen share nih

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda