Pohon Sengon Laut paling banyak ditanam warga

Iklan 300x250
Kayu sengon laut saat ini merupakan bahan perabot rumah tangga dan bahan bangunan rumah maupun bangunan lain yang paling banyak digemari karena harganya yang relatif murah serta cukup awet. Masyarakat jawa timur biasa menyebutnya dengan sebutan sengon putih. Tanaman ini dulunya jarang ditanam warga, melainkan tumbuh sendiri diladang maupun di hutan-hutan.

Namun setelah kayu ini laris di pasaran maka warga sengaja menanam pohon sengon putih di ladang. Bahkan beberapa tanah milik perusahaan maupun jawatan pemerintah seperti perhutani juga menanam sengon putih.


Pohon ini dikenal cepat tumbuh besar dan sangat efektif untuk memanfaatkan lahan yang gersang. Selain itu pohon ini bisa ditanam dengan jarak yang cukup rapat sehingga bisa menghasilkan kayu yang lurus atau tidak banyak bercabang.

Untuk menanam pohon sengon putih ini diperlukan waktu lima tahun untuk mencapai masa penebangan. Sebuah waktu yang relatif cepat untuk tanaman pohon kayu. Sementara para pedagang kayu mulai berdatangan hendak membelinya ketika pohon mulai terlihat besar. Kayu sengon memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para petani sengon. Tidak sedikit para petani memutuskan untuk menutup semua lahannya dengan menanam pohon sengon laut atau sengon putih.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda