Cara mengemudikan Dumptruck di tanjakan curam

Iklan 300x250
Bagi para sopir dumptruck senior tentunya sudah tahu bagaimana cara mengemudikan dumptruck bermuatan berat di medan-medan berbahaya. Namun bagi para pengemudi dumptruck yunior mungkin ada yang belum dalam beberapa hal.

Perlu kita ketahui bahwa mengemudikan kendaraan bermuatan berat tidak sama dengan kendaraan penumpang maupun kendaraan pribadi. Dumptruck merupakan kendaraan pengangkut barang berat yang hanya bisa dikemudikan oleh sopir yang memiliki skill atau keahlian khusus.

Jika anda sedang mengemudikan dumptruck syarat muatan yang hendak melewati sebuah jalan menanjak atau tanjakan curam dan cukup panjang, maka anda harus ekstra hati-hati. Karena jika mesin anda tidak kuat atau anda terpergok oleh kendaraan lain di tengah tanjakan, maka sangat mungkin dumptruck yang anda kemudikan mengalami mesin mati sehingga akan mundur ke belakang. Resikonya? Bisa fatal.

Caranya, sebelum naik ke tanjakan berbahaya tersebut persiapkanlah gigi perseneling pada posisi kecepatan satu (gigi satu). Setelah itu nyalakan lampu bahaya dan mulailah menanjak dengan hati-hati sambil mengikuti irama mesin. Jangan sampai mesin mati di tengah tanjakan. Perhatikan jalan di depan dan jaga jarak aman (jangan terlalu mepet).

Selama menanjak usahakan jangan ada kendaraan lain yang menyalip anda dan tahu-tahu berada di depan anda dengan jarak yang sangat dekat. Jika hal ini terjadi maka bunyikan klakson agar kendaraan di depan tersebut memberikan jarak aman. Ini bertujuan agar kendaraan anda tetap bergerak naik walaupun perlahan dan jangan sampai berhenti sebelum tanjakan selesai.

Jika mengemudikan dumptruck, pastikan unit kendaraan dalam keadaan baik dan terkontrol atau ready for use. Patuhilah peraturan lalulintas dan jalan raya. Jangan melebihi muatan (over capacity) karena hal itu bisa berbahaya bagi keselamatan anda sendiri dan juga orang lain. Begitulah. Ada yang mau nambahin?
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda