Cara Bulldozer menghilangkan tanah menempel di pisau

Iklan 300x250
Sebuah bulldozer ukuran besar jika mesinnya dihidupkan pada putaran tinggi dan kemudian dijalankan pada kecepatan perseneling satu, lalu dilepaskan begitu saja agar berjalan sendirian tanpa ada seorang operator yang mengendalikan, kira-kira apa yang terjadi? Bulldozer akan meratakan apa saja yang ada didepannya dan tidak ada sesuatu apapun yang sanggup menghentikannya, kecuali jika terjerembab ke dalam lumpur atau tercebur sungai hingga mesinnya mati terendam air.

Bulldozer ibarat banteng. Senjatanya terletak di depan dan belakang serta kekuatannya terletak di kaki. Bulldozer bisa bekerja dengan cara menarik dan mendorong. Oleh karena itu dinamakan bulldozer karena memiliki kemiripan dengan hewan banteng atau kerbau liar.

Bulldozer merupakan alat berat yang tangguh di segala medan seperti hutan, gunung, bebatuan, rawa, lumpur dan medan-medan berat lainnya. Bulldozer sering digunakan untuk menggunduli hutan, membongkar gunung dan merobek bumi.

Terkadang sering kita jumpai sebuah unit bulldozer sedang bekerja terlihat ada tanah lengket yang menempel pada bagian pisau dozer (blade). Tanah yang lengket tersebut terus menerus dibawa maju mundur sampai seharian penuh. Apalagi lokasi kerja mereka adalah tanah berlumpur. Terkadang beberapa operator bulldozer yunior belum tahu cara mendorong tanah lumpur sehingga lumpurnya selalu lengket di blade.

Caranya agar lumpur tidak lengket di blade;

Doronglah lumpur seperti biasanya. Setelah tiba di akhir anda mendorong maka tancapkanlah pisau dozer tersebut ke tanah, lalu mundur lagi untuk mendorong tanah berikutnya.

Sekali lagi, tancapkanlah pisau dozer ke tanah di akhir mendorong selama anda bekerja mendorong lumpur atau tanah lengket. Dengan begitu maka pisau dozer akan selalu bersih dari tanah yang menempel. Begitulah. Ada yang mau nambahin?
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda