Cerobong Udara di Waduk Ir.Sutami

Iklan 300x250
Mungkin anda ingin melihat sekilas tentang tiga cerobong udara di waduk atau bendungan Ir.Sutami di Karangkates, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Cerobong udara ini biasa disebut "stom" oleh masyarakat setempat. Gambar cerobong udara ini difoto dari jarak sekitar 600 meter dengan sedikit melakukan pembesaran. Photografernya berdiri di atas bendungan atau berada di sebelah timur cerobong ini.

Jika dilihat dari jarak sekitar 600 meter, cerobong udara ini kelihatan tidak begitu besar. Namun jika anda mendekat di bawahnya maka akan terlihat sangat besar sekali. Bahkan untuk mengecat cerobong ini memakan waktu berbulan-bulan dan menghabiskan cat banyak sekali. Untuk naik ke atas cerobong ini melalui tangga yang melingkari cerobong.

Anda bisa membaca Mengenal SekilasWaduk Ir.Sutami


Tahukah anda? Diatas cerobong tersebut terdapat banyak sarang burung merpati liar dan dibawah cerobong tersebut terdapat banyak sarang burung seriti (sejenis walet) yang mahal harganya.

Sedikit hutan penghijauan di sekitarnya menjadi habitat yang aman bagi spesies biawak, ular, ayam hutan, burung, kucing liar, dan satwa lainnya. Areal ini merupakan wilayah tertutup yang tidak boleh sembarang dimasuki karena tempat ini merupakan obyek vital negara. Selain itu area di sebelah barat waduk ini terdiri dari bebatuan dan semak belukar serta pepohonan, sehingga jarang dijamah oleh manusia.

Stom ini banyak menarik perhatian pengendara motor yang melintas di atas waduk Ir.sutami. Terkadang mereka berhenti sejenak untuk memotretnya, kemudian melanjutkan perjalanan. Namun jika air waduk meluap, waduk sebelah selatan ini menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin menonton derasnya air luapan waduk yang mengalir deras seperti asap roket dengan suara bergemuruh menuju ke arah sungai "beli" di barat. Sebuah pemandangan yang langka dan menakjubkan yang hanya terjadi setiap tahun sekali ketika musim hujan mencapai masa akhir.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda