Tahukah Anda Cara Bepergian ke Luar Negeri?

Iklan 300x250
Bepergian ke luar negeri jelas tidak sama dengan bepergian di negara sendiri. Untuk bepergian ke luar negeri ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Berikut ini persyaratan umum yang harus kita ketahui.

1. Pertama kita harus sehat jasmani dan rohani serta menguasai bahasa negara tujuan, setidaknya kita harus menguasai bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat luar negeri. Tentang kesehatan ini harus dibuktikan dengan surat Medical.

2. Harus memiliki paspor. Paspor sendiri ada 2 macam, yaitu paspor kunjung (48 halaman) atau paspor kerja (24 halaman), tergantung keperluan kita. Paspor bisa mengurus ke kantor imigrasi sendirian untuk paspor kunjung, namun bagi para pekerja TKI harus melalui PT atau jasa penyalur tenaga kerja luar negeri.

3. Harus memiliki Visa. Visa sendiri juga ada 2 macam, yaitu visa kunjung dan visa kerja. Visa ini harganya mahal karena merupakan ijin masuk ke negara lain dengan membayar pajak sesuai dengan keperluan bepergian. Untuk visa kunjung, kita bisa mengurus sendiri ke kantor kedutaan besar negara yang akan kita kunjungi, sedangkan untuk visa kerja harus melalui PT atau agen TkI seperti di atas.

4. Terakhir adalah tiket pesawat terbang, tentu saja. Tiket pesawat harus membooking dulu setidaknya beberapa minggu sebelum berangkat ke luar negeri.


Apa yang pertama kali harus dilakukan setiba di luar negeri?
Setelah kita selesai diperiksa oleh petugas imigrasi negara tujuan di bandara luar negeri, langkah pertama adalah mendatangi embassy atau kedutaan besar republik indonesia. Disana kita melaporkan kedatangan kita. Selanjutnya paspor kita akan ditandai bahwa telah melapor di kedubes RI. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan perlindungan yang lebih aman dari kedubes RI, dan tempat paling aman bagi kita di kuar negeri adalah kedubes RI.

Setelah selesai melapor ke KBRi, silakan melanjutkan tujuan anda yang sesungguhnya di luar negeri. Namun bagi para TKI, semua ini akan didampingi oleh agen penyalur tenaga kerja disana. Jadi TKI hanya tinggal mengikuti mereka saja di belakang.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada para pembaca tercinta dan semoga bermanfaat.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda