Cara Wheel Loader meratakan tanah

Iklan 300x250
Wheel Loader adalah jenis alat berat yang memiliki fungsi utama sebagai alat pemuat material curah seperti tanah, batu, pasir, dan sebagainya dengan menggunakan alat kerja berupa sekop besar dan lebar yang dinamakan bucket dan digerakkan oleh mesin diesel bertenaga kuat serta berjalan di atas empat roda besar. Wheel loader merupakan alat berat paling lincah dari semua jenis alat berat yang ada di muka bumi. Bergerak cepat dengan bucket merunduk seperti seekor angsa yang hendak menyantap lawan, lalu mundur lagi dengan sigap untuk memuntahkan mangsa. Wheel Loader yang sedang beroperasi ibarat seekor angsa raksasa yang sedang marah.

Pada dasarnya Wheel Loader hanya alat berat yang berperan utama sebagai pemuat material, bukan untuk meratakan tanah. Namun karena keadaan tertentu di lokasi kerja, maka biasanya wheel loader juga digunakan untuk meratakan tanah. Misalnya membuat badan jalan.

Seringkali wheel loader merangkap tugas alat berat lain, terutama di daerah-daerah terpencil. Bahkan wheel loader harus bisa menyelesaikan tugas apapun, termasuk sebagai alat transportasi di proyek-proyek berlokasi terjal.

Terkadang operator alat berat lain disuruh untuk mengoperasikan wheel loader tersebut untuk meratakan tanah. Namun biasanya operator tersebut tidak bisa meratakannya karena tidak tahu caranya. Tanah yang didorong dengan bucket terkadang tidak kena atau kuku bucketnya terlalu nancap ke tanah sehingga badan jalan tidak bisa rata. Maklum, biasanya dia bawa excavator atu bulldozer.

Ingin tahu caranya? Perhatikan bahwa ada lempengan plat besi yang terletak persis di atas bucket wheel loader. Plat tersebut berfungsi sebagai alat monitor untuk mengetahui bahwa permukaan bucket rata apa tidak. Jika plat tersebut pada posisi rata atau datar, maka permukaan bucket bagian bawah juga rata.

Jika anda ingin meratakan badan jalan,  maka pastikan plat tersebut dalam posisi rata atau datar, lalu doronglah tanah badan jalan yang dimaksud. Maka badan jalan akan bisa rata. Usahakan permukaan plat agak turun ke bawah sedikit sehingga kuku bucket bisa menyisir permukaan tanah. Begitulah. Ada yang mau nambahin?
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda