Cara mengangkat Bulldozer yang terjerembab ke dalam lumpur

Iklan 300x250
Beberapa proyek terkadang mengharuskan bulldozer untuk diterjunkan ke dalam lokasi berlumpur sehingga tidak jarang bulldozer mengalami ambles atau selip. Tidak bisa naik ke atas lagi kecuali hanya duduk manis disitu. Jika sudah begini biasanya didatangkan alat batu lain seperti excavator atau sesama bulldozer untuk menarik unit tersebut agar terangkat dari lumpur.

Namun jika tidak ada alat berat lain yang bisa membantu, apa yang terjadi? Sementara permukaan air di atas lumpur terus naik dan bisa membuat bulldozer terendam air. Jika sudah seperti ini biasanya sang operator akan mengalami pusing tujuh keliling, termasuk juga para pengawas dkk. Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir.

Ada teknik ampuh untuk mengangkat bulldozer dari lumpur secara manual tanpa alat bantu lain berdasarkan pengalaman saya ketika menjadi operator bulldozer. Syaratnya, mesin bulldozer harus tetap bisa dihidupkan.

Caranya;

- Pertama siapkan dua utas anak seling sepanjang sekitar 1,5 meter sampai dua meter. Anakseling maksudnya adalah sebuah seling yang dilepas satu persatu menjadi anak seling yang lebih kecil. Seperti tali tampar yang dilepasi satu persatu anak tamparnya.

- Berikutnya siapkan satu buah balok kayu atau batang pohon sepanjang lebarnya bulldozer dan sekiranya kuat untuk di injak bulldozer. Lalu sisipkan kayu tersebut di bagian depan bawah atau belakang bawah pada trackshoe (roda rantai dozer) dalam posisi melintang agar kedua rantai bulldozer bisa naik di atas kayu tersebut nantinya.

- Kemudian ikatlah batang kayu tersebut ke link atau trackshoe dengan menggunakan anak seling yang anda kupas tadi. Track yang kiri diikat ke batang kayu, track yang kanan juga diikat ke batang kayu, jadi perlu dua utas anak seling. Tujuannya agar batang kayu tidak terlepas saat bulldozer bergerak naik nantinya.

- Hidupkan mesin bulldozer, lalu jalankan menuju kayu yang terikat dengan trackshoe tadi. Maka track bulldozer akan langsung terangkat naik. Setelah itu batang kayu tadi akan berpindah posisi, bisa di depan atau di belakang bulldozer. Tergantung ke arah mana bulldozer dijalankan. Lalu pukullah anak seling tadi menggunakan palu besar sampai putus sehingga batang kayu akan terlepas dari trackshoe. Kini bulldozer telah terangkat dengan mudah.

Kemudian jangan lupa siapkan kayu-kayu kecil untuk diletakkan di depan bulldozer agar tidak ambles lagi sampai bulldozer berada di tempat yang aman. Begitulah.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda