Cara Excavator membuat kemiringan tanah (ngeslop)

Iklan 300x250
Menjadi operator excavator profesional tidaklah mudah karena memerlukan kecerdasan otak dan kesehatan fisik yang memadai. Tidak semua orang mampu menguasai skill ini dengan sempurna kecuali hanya mereka yang kaya akan inisiatif dan kreatif dalam menangani kesulitan-kesulitan yang sering terjadi di lapangan. Teknik kerja excavator di lapangan sangat komplek dan menuntut kecerdasan berpikir yang tinggi. Operator excavator harus mampu menyelesaikan pekerjaan apapun yang ada di lapangan. Mereka berpedoman bahwa tidak ada kata tidak bisa selama excavator masih mampu menginjakkan kaki di tempat tersebut.

Namun bagi para operator excavator yang belum pernah menangani pekerjaan kontruksi, misalnya pada proyek-proyek pembangunan, mereka terkadang menemui kesulitan dalam bekerja. Misalnya ketika mendapat tugas untuk membuat kemiringan tanah (sloping) atau biasa disebut dengan ngeslop. Hal ini bisa membuat mereka ciut nyali.

Pekerjaan ngeslop banyak sekali macamnya. Namun ada dua pedoman utama yang harus dipahami dalam membuat kemiringan tanah yang secara umum pasti digunakan dalam semua teknik ngeslop.

Kuncinya adalah;

1. Pertama, pastikan posisi alat (excavator) harus rata atau datar agar alur kuku bucket bisa serasi.

2. Garis bagian atas kemiringan harus lurus, dan garis bagian bawah kemiringan (kaki slop) juga harus lurus. Agar nantinya kemiringan tanah tercipta rapi dan tidak berlekuk-lekuk.

Jika kemiringan tanah harus berbelok (misalnya disamping jalan menikung), maka kedua garis atas dan garis bawah harus tetap serasi dalam mengikuti tikungan jalan.

Jika kedua pedoman utama ini diabaikan, maka mustahil kemiringan tanah bisa tercipta rapi sesuai dengan spek yang dikehendaki.

Operator excavator yang bisa ngeslop apa pasti bisa menangani semua pekerjaan? Belum tentu. Namun ngeslop merupakan jenis pekerjaan excavator yang paling sulit. Begitulah. Ada yang mau nambahin?
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

1 komentar:

Missyoubodoh said...

pkerjaan yg pling sulit itu mngkin pkerjaan yg baru/prtama kali kita krjakan, :)

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda