Cara Bulldozer merobohkan pohon besar di hutan

Iklan 300x250
Seringkali pada proyek-proyek yang berlokasi di hutan, bulldozer sering digunakan untuk membuka dan membersihkan lahan dengan cara merobohkan pohon-pohon besar atau biasa disebut dengan land clearing. Penebangan pohon tersebut tidak menggunakan gergaji mesin. Misalnya pada proyek transmigrasi, perkebunan, persawahan atau cetak sawah, dan sebagainya. Bulldozer memiliki peran utama dan menjadi aktor penting dalam pekerjaan-pekerjaan pembukaan lahan seperti itu.

Biasanya mereka menggunakan bulldozer ukuran standard. Misalnya, Caterpillar D7G dan D6D, Komatsu D85A dan D65E, Hitachi DX175, dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai operator bulldozer, cara merobohkan pepohonan maupun semak belukar untuk membersihkan lahan ada beberapa teknik. Tergantung ukuran pohon. Jika anda ingin merobohkan pohon-pohon kecil, misalnya pohon seukuran pohon mangga di kebun sangatlah mudah. Hanya sekali dorong saja mengggunakan pisau dozer (blade), maka pohon akan langsung roboh. Tapi bagaimana caranya jika anda hendak merobohkan pohon beringin yang besar?

Pohon besar tidak bisa hanya didorong sekali dorong saja langsung roboh, tetapi memerlukan teknik agar bisa roboh ke tempat yang dikehendaki dan tidak membahayakan keselamatan kerja.

Jika anda ingin merobohkan sebuah pohon besar di tengah hutan, misalnya pohon setinggi pohon kelapa atau pohon seukuran pohon beringin besar, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum merobohkannya. Apalagi pohon di hutan sangat lebat dan rapat, serta banyak sekali jenis pohon tinggi dan besar yang jarang kita lihat.

Cara memulai, pertama lihat dan perhatikanlah bagian atas pohon besar tesebut. Ada cabang yang tesangkut dengan pohon lain apa tidak. Jika ada cabang yang tersangkut dengan pohong, maka anda harus merobohkan pohon yang lebih kecil yang terkait dengannya. Tujuannya adalah jika pohon besar tersebut roboh nantinya, maka pohon kecil yang cabangnya tersangkut tidak ikut roboh dan menimpa anda serta bulldozer anda.

Setelah pohon besar tersebut anda pastikan aman dari tersangkut pohon lain, maka pilihlah titik kelemahan pohon. Jika pohon besar tersebut miring ke kiri, maka doronglah dari sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya. Jika pohon tersebut tegak lurus atau tidak miring, maka carilah posisi yang paling enak.

Cara merobohkan, bongkarlah akar pohon besar tersebut dengan cara menggali bagian samping kiri dan kanan pohon membentuk seperti huruf V, sampai akar besar pada pangkal pohon terlihat meringis. Kemudian ambillah posisi yang baik dan dan aman, lalu cobalah mengangkat akar pada pangkal pohon besar tesebut dengan menggunakan pisau dozer. Jika pohon bisa goyang dan pohon besar tersebut sudah tidak memiliki kekuatan lagi, maka congkellah akar di pangkal pohon tersebut dengan pisau dozer sampai pohon besar tersebut tumbang dan roboh ke tanah.

Setelah roboh kemudian angkatlah pangkal pohon besar tersebut sampai semua akar-akarnya tercabut secara keseluruhan. Lalu pinggirkanlah pohon besar tersebut ke tempat yang telah di tentukan dan uruglah lubang bekas pohon tersebut dengan tanah bekas galian anda.

Tapi ingat, anda jangan mendorong batang pohonnya pada saat sedang menumbangkan pohon besar tadi. Karena jika yang anda dorong adalah batang pohonnya dan bukan akarnya, maka bulldozer akan tercongkel ke atas oleh akar setelah pohon besar tersebut tumbang. Sehingga bulldozer tidak bisa maju dan tidak bisa mundur, kecuali hanya bisa ngacir di atas akar besar. Begitulah.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda