Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar

Iklan 300x250
Berapapun usia kita tidak menjadi halangan dalam belajar. Manusia harus terus belajar dan belajar. Belajar tidak harus di sekolah, tetapi bisa dimana saja. Namun tentunya belajar memerlukan guru. Guru terbaik adalah pengalaman kita sendiri. Belajar pada diri sendiri adalah berguru dengan berpedoman pada pengalaman, lingkungan sekitar dan pergaulan dengan sesama. Dengan kata lain kita berguru pada alam dan gurunya adalah diri kita sendiri.

Semakin banyak kita berbuat sesuatu maka akan semakin banyak pula pengalaman kita. Dan begitu pula sebaliknya. Semakin sedikit kita berbuat sesuatu maka akan sedikit pula pengalaman kita. Orang bijak mengatakan, orang yang tidak pernah berbuat kesalahan biasanya orang itu tidak pernah berbuat apa-apa.


Manusia memiliki guru terbaik, yaitu dirinya sendiri. Percaya pada diri sendiri merupakan pangkal kesuksesan. Dalam istilah umum disebut PD, yaitu percaya diri. Namun percaya diri tidak boleh terlalu, dan harus sesuai dengan kemampuan serta pengalaman yang ada. Walaupun rasa percaya diri bisa membangkitkan orang yang awalnya tidak bisa kemudian menjadi bisa.

Rasa percaya diri bisa membuat orang bodoh menjadi pintar. Orang yang tidak memiliki rasa percaya diri akan terlambat untuk maju. Bahkan bisa membuat orang pintar menjadi bodoh jika telah terserang krisis percaya diri. Rasa percaya diri harus dimiliki oleh setiap individu dalam belajar, dimana kehidupan di dunia ini menuntut setiap insan untuk belajar dan terus belajar. Paling tidak belajar untuk menata dirinya sendiri.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda