Gunung Kumbang dan Ombak Pantai Selatan Ngliyep

Iklan 300x250
Gunung kumbang/kombang adalah gunung kecil berupa bukit batu kapur ditumbuhi pepohonan yang terletak di pantai selatan pulau jawa dan sebagai salah satu obyek pariwisata kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di pantai ngliyep yang masuk ke dalam wilayah selatan kabupaten Malang. Gunung kumbang ini merupakan tempat sakral yang setiap tahunnya (pada bulan maulud) digunakan sebagai pusat acara "larungan" atau biasa disebut labuh oleh masyarakat sekitarnya, yaitu acara persembahan kepada penguasa pantai selatan kanjeng ratu kidul atau nyai roro kidul.


Di puncak gunung ini terdapat sanggar pemujaan yang sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mencari berkah dari penguasa gaib segoro kidul. Di sana bertempat juru kunci pantai ngliyep yang sering melakukan ritual dengan para peziarah yang hendak mencari berkah. Tidak sedikit para wisatawan yang merinding jika mendaki gunung ini untuk menuju sanggar pemujaan, karena di sekitar jalan setapak menuju ke puncak sering tercium bau hio harum seperti kemenyan atau dupa. Meskipun banyak para wisatawan yang hanya sekedar ingin jalan-jalan saja pada siang hari.

Dari atas gunung kumbang anda bisa melihat ganasnya ombak pantai selatan yang sering menghajar pantai dengan tiba-tiba. Oleh karena itu banyak terdapat papan peringatan bagi para pengunjung agar tidak memasuki area terlarang, karena bisa saja ombak raksasa datang dengan tiba-tiba menyapu mereka.


Mengapa ombak pantai selatan ini terkenal sangat ganas? Karena pantai selatan merupakan bagian dari samudera hindia atau samudera Indonesia yang terbentang luas hingga ke benua Australia. Tidak heran lagi jika angin kencang tiba-tiba menciptakan ombak raksasa mendadak karena tidak terhalang oleh apapun.

Di pantai sekitar gunung kumbang ini tidak ada satupun pengunjung lokal yang terlihat berani berenang ataupun olahraga air. Kecuali hanya beberapa turis asing terkadang terlihat bermain sepeda motor air sendirian dengan menerjang ombak pantai selatan yang sangat mistis dan menggetarkan.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda