Gunung Kendeng di Malang Selatan

Iklan 300x250
Gunung kendeng adalah sebuah pegunungan di kabupaten malang bagian selatan dan merupakan bagian diri gunung kidul yang membentang di pulau jawa bagian selatan. Gunung kendeng ini berada di kecamatan Kalipare kabupaten malang, Jawa Timur. Disebut gunung kendeng karena menurut masyarakat sekitar pada masa dahulu kala gunung ini tampak "kendeng-kendeng" seperti layaknya gunung yang mau meletus. Namun sebenarnya gunung ini hanyalah pegunungan batu putih yang tidak memiliki magma atau bukanlah gunung berapi.


Di lereng bagian utara gunung ini yang biasa disebut karang putih pernah diledakkan untuk pembangunan waduk Ir.Sutami, dimana semua bahan waduk menggunakan material berupa bongkahan batu putih untuk bahan waduk atau bendungan.

Ketika pembangunan waduk Ir.Sutami di karangkates selesai gunung ini menyisakan kawah batu putih yang luas dan kini dijadikan sebagai tambang batu untuk bahan bangunan oleh warga sekitar. Gunung kendeng terbentuk oleh batu kapur yang dilapisi oleh tanah humus dan ditumbuhi oleh pepohonan. Saat ini mayoritas  hutan di atas gunung endeng terdiri dari pohon jati yang dikelola oleh departemen kehutanan.


Gunung ini memiliki pesona berupa pemandangan alam yang asri. Berada di puncak gunung bagian utara kita bisa melihat pemandangan dibawahnya berupa hamparan dataran luas dimana terletak pemukiman sarga dan sungai brantas yang merupakan wilayah perairan waduk Ir.Sutami.

Jika kita bergerak ke arah selatan menuruni gunung maka kita akan sampai dipantai Ngliyep, sebuah tempat wisata yang sering dijadikan sebagai tempat upacara sakral oleh warga sekitar yang disebut labuh atau labuhan. Upacara labuhan di pantai Ngliyep ini terjadi setiap bulan maulud dan di serbu oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah untuk menyaksikan aneka hiburan di sepanjang pantai selatan selama bulan maulud.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

1 komentar:

Unknown said...

siiipppp

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda