Upacara tradisional memandikan Kucing untuk mendatangkan hujan

Iklan 300x250
Ada sebuah festival unik di pulau jawa. Tepatnya di dusun Kopral, desa Sukowilangun, kecamatan Kalipare, kabupaten Malang, Jawa Timur. Kenapa unik? Karena ada ritual untuk mendatangkan hujan yang dilakukan dengan cara memandikan seekor kucing. Anehnya, disaat kucing tersebut kedinginan tiba-tiba langsung turun hujan pada saat itu juga ketika upacara sedang berlangsung.

Ritual unik ini jarang sekali terjadi kecuali hanya dilakukan jika ada kemarau yang terlalu panjang. Upacara ini terakhir kali dilaksanakan pada sekitar tahun 1985/86 ketika waktu itu terjadi kekeringan air sumur.

Ritual memandikan kucing dilakukan di tepi barat dusun kopral, tepatnya di wilayah perairan waduk Ir.Sutami. Acara ini dimulai dengan arak-arakan warga yang memikul kerangkeng berisi seekor kucing dibawa menuju kali. Sesampai di kali, seorang sesepuh warga membaca mantra-mantra jawa serta memasang beberapa sesaji. Lantas kucing dimandikan di dalam kerangkeng sampai kedinginan.

Sang kucing tidak bisa lari karena berada di dalam kerangkeng. Setelah kucing menggigil, lantas diikuti oleh para warga beramai-ramai menjegurkan diri ke kali. Semua orang yang ada disitu ditarik paksa untuk dijegurkan ke kali. Setelah tubuhnya basah maka dia akan mencari orang lain di sekitar yang masih kering untuk ditangkap lalu dijegurkan ke kali.

Sehingga pada akhirnya semua penonton basah semua. Anehnya, pada saat itu juga hujan langsung turun dengan derasnya. Sejak saat itu pula musim kemarau langsung berakhir dan hujan mulai turun setiap hari. Rerumputan mulai menghijau dan semua sumur warga mulai menampakkan air yang jernih.

Semua warga di desa-desa sekitar ikut merasakan hasil dari upacara unik ini. Mereka merasa diuntungkan dengan adanya ritual memandikan seekor kucing. Namun ada satu pihak yang sangat dirugikan. Yaitu kucing yang dimandikan tersebut. Kucing ini seumur hidup tidak pernah mandi karena takut air, namun telah dipaksa mandi sehingga merasakan kedinginan selama berjam-jam. Dasar kucing sial.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda