Manfaat dongeng bagi anak-anak

Iklan 300x250
Dongeng merupakan sebuah cerita sangat menarik bagi anak-anak. Bahkan mungkin kita dulu sewaktu kecil juga suka mendengarkan dongeng. Biasanya anak-anak suka mendengarkan dongeng dulu sebelum tidur. Setelah itu tanpa terasa mereka akan tertidur. Jika hal ini terbiasa maka akan membuat anak ketagihan. Mereka tidak akan bisa tidur sebelum dihadiahi dongeng dulu.

Akan tetapi mendengarkan dongeng juga ada baiknya asalkan dongeng yang kita ceritakan bersifat mendidik. Dongeng akan membuat daya pikir anak berusaha untuk menggapai sebuah gambaran dalam kehidupan yang ada di dalam dongeng. Hal ini bisa membantu kecerdasan anak serta menambah wawasan bagi anak-anak yang umumnya masih lugu.


Dongeng yang bersifat mendidik akan melekat pada kepribadian anak, sehingga kelak mereka akan punya ide-ide atau kreasi yang berasal dari dongeng yang pernah didengar. Terkadang anak menjadi cerdik karena mengambil pelajaran yang di dapat dari dongeng.

Oleh karena itu jika kita sedang mendongeng kepada anak, sebaiknya kita berikan penjelasan dari makna dongeng tersebut bagi kehidupan manusia. Yaitu penjelasan yang bersifat mendidik, tidak membohongi anak, mengajari pintar, melatih jujur, dan sebagainya. Dongeng sangat disukai anak. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mendidik anak sejak dini.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda