Alasan orang-orang Arab memakai jubah dan cadar

Iklan 300x250
Masyarakat timur tengah memiliki tradisi tersendiri dalam berbusana. Kaum pria menggunakan jubah putih yang menutupi seluruh tubuh serta mengenakan surban yang menyelimuti kepala. Sedangkan kaum wanita menggunakan pakaian warna hitam yng menutupi sekujur tubuh serta mengenakan cadar penutup muka.

Jubah putih berfungsi untuk memantulkan kembali teriknya sinar matahari yang membakar dan surban penutup kepala berfungsi melindungi kepala agar tidak terasa pusing akibat suhu panas berlebihan yang mencapai 57 derajat celcius di musim panas. Pada saat musim dingin jubah memiliki peranan sangat penting untuk mengusir kedinginan.

Dalam adat istiadat timur tengah, wanita tidak boleh keluar rumah kecuali bersama sang suami, dan itupun hanya kadang-kadang saja. Mereka menggunakan pakaian hitam serta cadar karena lebih sering berada dirumah. Namun jika adat memperbolehkan wanita keluar rumah sesukanya seperti kaum pria, mungkin para wanita timur tengah juga mengenakan jubah putih untuk melawan sinar matahari yang membakar.

Di daerah padang pasir hanya ada lapangan pasir saja yang membentang luas. Pasir memiliki sifat mudah memanas dan mudah mendingin. Ini yang membuat timur tengah memiliki hawa tidak stabil. Disaat antara musim panas dan musim dingin, tiba-tiba hawa terasa panas atau tiba-tiba hawa terasa dingin. Ini adalah perbuatan dari pasir.
Iklan 336x280
______________________________________________________________________

Bacaan Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda